Pentingnya Modal Bagi Bisnis

Kebutuhan menyesuaikan modal, bukan modal yang menyesuaikan kebutuhan." Artinya, ketika kita akan mulai menjalankan sebuah bisnis, jangan berpikir berapa modal yang saya butuhkan, tetapi kebalikannya, "Saya akan mulai usaha dengan modal yang ada." Menurut saya. paradigma ini sangat penting dilakukan jika kita memang ingin segera memiliki usaha dengan modal yang sudah tersedia. Jika paradigma yang kita gunakan adalah modal menyesuaikan dengan kebutuhan maka secara manusiawi berapapun modal uang yang dikeluarkan akan selalu terasa kurang. dan pastinya kita tidak bisa segera memulai karena menunggu modal terkumpul dalam jumlah yang kita tentukan. Oleh sebab itu mulai saja dengan modal berapa pun yang sudah anda miliki.

Selain itu, modal awal yang harus dikeluarkan untuk memulai usaha bergantung pada kesiapan anda untuk menerima risiko terburuk. Risiko terburuk dari sebuah bisnis adalah gagal dan kemudian modal usaha hilang. anda harus realistis, seberapa besar kerugian materi yang siap anda terima jika bisnis tersebut gagal? jika anda memiliki modal-milik sendiri atau milik orang lain- sebesar 50 juta dan hanya siap menerima risiko kerugian sebesar lima juta. maka, sebaiknya Anda mulai berbisnis dari angka tersebut.

Berikut beberapa hal tentang modal yang bisa saya sampaikan kepada Anda.

Modal uang :
ada banyak orang yang punya uang, ingin punya usaha tapi tidak ada waktu atau tidak bisa menjalankannya sendiri. Kita bisa ajak orang tersebut untuk bekerja sama sebagai pemodal sehingga kita bisa memulai usaha tanpa harus menggunakan uang kita sendiri.
Modal tempat :
ada banyak orang yang memiliki ruangan, tempat, rumah, atau tanah kosong yang tidak pernah dimanfaatkan, Kita bisa manfaatkan potensi tersebut dengan sistem kerja sama tanpa kita harus menyewa.
Modal keahlian :
ada banyak orang yang ahli dalam bidang tertentu. Kita bisa memanfaatkan potensi keahlian mereka untuk mendukung usaha kita. Kita bisa buka bengkel motor walaupun kita tidak ahli dibidang mesin motor. Kita bisa ajak mereka bergabung dengan sistem gaji atau bagi hasil.
Modal relasi:
ada banyak relasi yang bisa dioptimalkan untuk bisnis kita. Misalnya, kita ingin membuka sebuah usaha maka kita bisa kumpulkan relasi-relasi kita yang memiliki berbagai potensi. Satukan semua potensi yang ada menjadi sebuah kekuatan. Misalnya, si A punya uang, si B punya tempat, si C punya keahlian manajemen, si D punya keahlian teknis dan si E punya peralatan bisnis. Ketika si A,B,C,D, dan E disatukan maka bisnis sudah berjalan.

Sampai disini aja dulu posting kali ini friends. smoga bermanfaat bagi yang ingin memulai bisnis di dunia nyata. dan tunggu posting ku yang selanjutnya. ya pasti bermanfaat untuk kita semua. jangan lupa comentarnya... Thanks


Pengumuman: Tata Letak yang terdapat pada Artikel khususnya Tutorial blog sekarang berganti nama dengan Rancangan, perubahan diganti dari blogger langsung, mohon maaf jika anda sedikit kesulitan
Informasi Pemasangan Iklan:
Hubungi Kami: J_Putra
Telphone: putra97@yahoo.com

23 komentar:

Post a Comment

LIGA INGGRIS

LIGA SPANYOL

LIGA ITALIA

LIGA PRANCIS

LIGA JERMAN

LIGA CHAMPIONS